Ekowisata Gajah Aek Nauli Siap Diluncurkan

Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Aek Nauli memiliki potensi yang mendukung pengembangan Ekowisata Danau Toba. Karena letaknya berada di sekitar Danau Toba. Salah Satunya adalah kegiatan pengelolaan konservasi gajah jinak.

Pengelolaan gajah jinak di KHDTK Aek Nauli bertujuan untuk konservasi, penelitian, dan mendukung pengembangan ekowisata sekitar kawasan Danau Toba. Program ini merupakan hasil kerjasama antara Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara, dan Veterinary Society for Sumatran Wildlife Conservation (Vesswic).

Pengembangan Ekowisata Danau Toba oleh Unit Pelaksana Teknis Badan Litbang dan Inovasi KLHK, BP2LHK Aek Nauli ini merupakan bentuk peran aktif Kementerian LHK dalam mempercepat proses pengembangan Danau Toba menjadi destinasi wisata nasional. Hal ini selaras dengan penetapan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas nasional oleh pemerintah.

Aksi nyata dalam rangka mendatangkan “penghuni baru” di KHDTK Aek Nauli tersebut telah dimulai sejak September 2016 yang lalu dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerjasama antara ketiga pihak tersebut (BP2LHK Aek Nauli, BBKSDA Sumut, dan Vesswic). 

Kedatangan Gajah di KHDTK Aek Nauli

ekowisata gajah aek nauliSetelah melalui berbagai persiapan yang panjang, seperti pembangunan tempat minum dan mandi gajah, kandang tambat, panggung atraksi, campmahout (pawang gajah), sistem drainase, dll, akhirnya para penghuni baru tersebut akan sampai di Aek Nauli pada Jumat, 17 November 2017 (besok-red).

“Kita terus berkoordinasi dengan tim di lapangan mengenai kedatangan gajah ini dari Kota Pinang besok, kemungkinan besok pagi sudah sampai di Aek Nauli” Ujar Wanda Kuswanda, tenaga ahli konservasi satwa yang berkarir sebagai Ahli Peneliti Utama di BP2LHK Aek Nauli. 

“Mudah-mudahan jadi pintu masuk untuk mengenalkan potensi wisata ilmiah lainnya di BP2LHK Aek Nauli” Tutup Wanda. Harapannya nanti dengan bertambahnya objek wisata di sekitar danau Toba ini, jutaan orang dari dalam dan luar negeri akan mengunjungi Sumatera Utara, khususnya danau Toba dan Aek Nauli.

One thought on “Ekowisata Gajah Aek Nauli Siap Diluncurkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: