Gajah Jinak Lengkapi Ekowisata Aek Nauli

Sesuai rencana semula, Empat ekor gajah jinak tiba di KHDTK Aek Nauli (1 ekor jantan dan 3 ekor betina) yang didatangkan dari Pusat Latihan Gajah Hollyday Resort Cikampak, Labuhan Batu (17/11/2017). Keempat ekor gajah tersebut bernama Lubing (jantan) dan yang betina bernama Siti, Ester, dan Vini. Gajah-gajah tersebut sampai di Aek Nauli dengan kondisi sehat. 

Kedepannya akan dibuat berbagai paket terkait ekowisata gajah diantaranya memandikan gajah, mengangon gajah, memberi makan gajah, dan lain-lain. Tujuan ekowisata gajah ini adalah untuk konservasi (breeding) dan untuk ekowisata. Saat digembalakan akan ada sosialisasi antara gajah jantan dengan gajah betina, sehingga gajah tersebut dapat bereproduksi dan nantinya akan melengkapi show ekowisata Aek Nauli kedepannya.

Ekowisata gajah ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk belajar mengenal lebih dekat tentang kehidupan gajah di alam, sehingga pengunjung tidak lagi sekedar datang untuk melihat obyek wisata tertentu, tetapi juga dapat menikmati wisata sambil memperluas wawasan, pengalaman, dan pengetahuan baru.

Pengembangan Ekowisata Danau Toba oleh Unit Pelaksana Teknis Badan Litbang dan Inovasi KLHK, BP2LHK Aek Nauli ini merupakan bentuk peran aktif Kementerian LHK dalam mempercepat proses pengembangan Danau Toba menjadi destinasi wisata nasional. Hal ini selaras dengan penetapan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas nasional oleh pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: