Pengembangan Potensi Keanekaragaman Hayati di KHDTK Aek Nauli

Dalam rangka tindak lanjut inisiasi kerjasama antara Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli dan Pertamina yang bertajuk Program Pelestarian Keanekaragaman Hayati, Rabu 20/12/2017 Direktur Utama SDM Pertamina Pusat, serta Staff divisi SDM & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I Sumatera Bagian Utara melakukan kunjungan ke BP2LHK Aek Nauli.

Inisiasi Kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan potensi keanekaragaman Hayati yang terdapat di KHDTK Aek Nauli dengan konsep edutainment dalam rangka mendukung pengembangan destinasi pariwisata Kawasan Danau Toba. Secara rinci kegiatan inisiasi kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan prasarana dan fasilitas wisata ilmiah gajah jinak di KHDTK Aek Nauli serta menginisiasi penanaman Macadamia integrifolia dan pohon hutan khas batak dalam konservasi keaanekaragaman hayati di DTA danau Toba.

wanda kuswanda“Kami berterimakasih karena pertamina merupakan perusahaan pertama yang berkomitmen untuk turut serta membantu konservasi gajah di Aek Nauli” ucap Wanda Kuswanda, S.Hut, M.Sc, Peneliti Satwa pada BP2LHK Aek Nauli. “Pengelolaan wisata ilmiah gajah jinak butuh dana yang besar terutama untuk pakan, sehingga kami membuka wisata ilmiah dengan harapan dari kegiatan tersebut nantinya dapat mensuport kebutuhan dana pakan gajah”, tambahnya.

Tim pertamina yang datang pada kesempatan ini juga dikenalkan tentang budidaya lebah madu, wisata ilmiah gajah jinak serta mencicipi kacang makadamia. Nickey widyawati selaku Direktur Utama SDM Pertamina Pusat sangat optimis dengan inisiasi kerjasama ini. “Untuk tahap awal yg akan menjadi fokus pertamina adalah penyediaan pakan gajah dan penanaman makadamia” ujar Manager Comunication dan CSR Pertamina untuk wilayah sumatera bagian utara, Rudi Ariffianto. “Kedepannya fokus pertamina akan berkembang ke arah konservasi dan pelestarian hutan di kawasan ini sehingga bisa menyediakan alam yang baik bagi mereka” Tutup Rudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: